Literasi

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Pembuatan Vlog pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Yanti Eka Putri, S.Ag

Lahir di Kubang, 27 Januari 1974. Menempuh pendidikan di SD Alai Pasaman (1986),
MTs Muhammadiyah Kubang (1989), MAN 1 Payakumbuh (1992),
S.1 Fakultas Adab Jurusan SKI (1996). Karir penulis dimulai sebagai pegawai Kantor Kementerian Agama Kab. Lima Puluh Kota (1997),
Pegawai KUA Kecamatan Guguak (2002),
Kaur TU MAN Padang Japang (2007),
Tenaga Pendidik di MTsN 3 Lima Puluh Kota (2010-sekarang).
Mengajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Karya tulis yang telah diterbitkan,
Buku tunggal “Menjemput Asa di Batas Senja” (2020),
Antologi “Taman Pengabdian di Bawah Bukit Guguak” (2021),
Antologi Puisi “Lisan Sakti Mahaguru” (2022).

Tulisan ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning melalui pembuatan vlog pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam beserta hasil atau dampak dari penerapan model pembelajaran Project  Based Learning melalui pembuatan vlog pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Hasil yang dicapai dari penerapan media pembelajaran project based learning melalui pembuatan vlog pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam pada materi proses masuknya Islam ke Indonesia melalui seni arsitektur bangunan masjid di kelas IX semester I (satu) adalah sebagai berikut : (1) Meningkatnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang dapat dilihat dari antusiasme, keaktifan, dan peran serta siswa dalam proses pembelajaran; (2) Meningkatnya keterampilan berkomunikasi (communication) pada siswa MTs Negeri 3 Lima Puluh Kota yang dapat dilihat dari keberhasilan berdiskusi merencanakan produksi dan berdialog dialog sesuai skenario pembuatan vlog; (3)  Meningkatnya keterampilan bekerja sama (collaborative) pada siswa MTs Negeri 3 Lima Puluh Kota yang dapat dilihat dari aktivitas merencanakan bersama sampai tahap memproduksi bersama sebuah vlog; (4) Meningkatnya keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving) pada siswa MTs Negeri 3 Lima Puluh Kota yang dapat dilihat dari keberhasilan mengatasi berbagai permasalahan saat pembuatan vlog; (5) Meningkatnya keterampilan berkreasi dan berinovasi (creativity and innovation ) pada siswa MTs Negeri 3 Lima Puluh Kota yang dapat dilihat dari karya siswa berupa skenario vlog; dan (6) Terciptanya karya vlog siswa terbaik. Penulis menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning melalui pembuatan vlog pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat menjadi model pembelajaran yang sesuai dengan era 4.0 dan kondisi siswa.

Kata Kunci : model pembelajaran; project based learning; vlog; 4C

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Need Help ?
Assalamu'alaikum ?